Nahdlatul Wathan Bangun Ponpes Pertama di IKN

BeritaBenua.com —
Tit
Titik PuspitaPenulis
Inews.id

JAKARTA,Beritabenua.com- Nahdlatul Wathan (NW) telah membangun pondok pesantren (ponpes) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai bagian dari ekosistem pendidikan dan dakwah yang lebih luas. Peletakan batu pertama pembangunan kompleks NW di Buluminung, Penajam, Kalimantan Timur, telah dilakukan pada 5 Mei 2024.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW), TGKH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, mengatakan bahwa kompleks NW ini akan membangun ekosistem untuk pendidikan, sosial kemasyarakatan, dan dakwah di atas lahan seluas 11 hektar. Ekosistem ini mencakup kantor pusat PBNW, pondok pesantren NW yang diberi nama Pondok Pesantren Darul Hamzanwadi Wannawawi Nahdlatul Wathan, serta gedung perguruan tinggi NW, dihimpun dari Kompas.com. Rabu (3/7).

”Kami mendirikan Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Wathan di IKN. Kami juga mendirikan pondok pesantren di IKN yang bernama Yayasan Pondok Pesantren Hamzanwadi An Nawawi Nahdlatul Wathan di Kalimantan Timur,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan KH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani seusai bertemu Wapres Amin di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Wakil Presiden Indonesia, makruf Amin, mengapresiasi inisiatif NW untuk meningkatkan akses pendidikan di Indonesia, terutama di wilayah timur. "Kami berharap Nahdlatul Wathan dapat terlibat lebih aktif dalam pemerataan pendidikan di Indonesia bagian timur hingga ke Papua," ujar Wapres.

Pembangunan kompleks NW di IKN ini diharapkan menjadi salah satu pondok pesantren terbesar di IKN dan menjadi basis awal untuk pengembangan pendidikan dan dakwah di wilayah timur Indonesia. Dengan demikian, Nahdlatul Wathan menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan masyarakat di Indonesia.

Dengan demikian, Nahdlatul Wathan menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan masyarakat di Indonesia, serta berkontribusi pada pengembangan Ibu Kota Nusantara sebagai pusat pendidikan dan dakwah yang lebih luas.

    Tim Editor

    Beritabenua
    BeritabenuaEditor

    Berita Terkait

    Cover
    Nasional

    Miris! Finalis Putri Nelayan di Sukabumi Diduga Dilecehkan Oknum Panitia

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Mantan Gubernur Maluku Utara Diduga Suap dan Sering Ngamar Bareng Wanita

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Helikopter Wisata Jatuh di Pantai Suluban Bali, Nasib Penumpang?

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Oknum Polisi di Bangka Belitung Diduga Cabuli Siswi SMP Saat Melapor

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Disebut Berafiliasi dengan Israel, PWNU Jakarta Pecat 4 Pengurus

    Titik Puspita 2 bulan lalu

    Baca

    Baru