BMKG Rilis Peringatan Dini Gelombang Tinggi 4 Meter di Samudra Hindia Selatan Banten, Jawa Barat: Waspada Potensi Bahaya!

BeritaBenua.com —
Tit
Titik PuspitaPenulis
Maritim.bmkg.go.id

JAKARTA, Beritabenua.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Samudra Hindia Selatan Banten pada tanggal 8 Juni 2024.

Gelombang diprediksi mencapai ketinggian maksimum 4 meter, berpotensi membahayakan masyarakat di wilayah pesisir. Berlaku mulai Sabtu, 8 Juni 2024 07:00 sampai Minggu, 9 Juni 2024 07:00

Dikutip dari laman maritim.bmkg.go.id, peringatan ini didasari oleh analisis mendalam pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dan selatan. Di bagian utara, angin umumnya bertiup dari Tenggara - Selatan dengan kecepatan 4 - 15 knot. Sedangkan di selatan, angin bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan 8 - 25 knot, berpotensi memperkuat gelombang laut. Sabtu (8/6/24).

BMKG menghimbau masyarakat di wilayah pesisir selatan Banten untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gelombang tinggi, serta menghindari aktivitas di tepi pantai, terutama saat air laut sedang pasang dan mengikuti arahan dari petugas terkait keselamatan.

Berikut beberapa wilayah di Banten yang berpotensi terdampak gelombang tinggi: Pesisir selatan Banten: Labuan, Carita, Anyer, Cinangka, Binuangeun, Cihara, Pamegung, Tanjung Lesung, Panimbang, Sumur, Bayah, Cibalong, dan Surade.

Gelombang tinggi dapat menyebabkan berbagai kerusakan, seperti: Abrasi pantai, banjir rob di wilayah pesisir, kerusakan infrastruktur di tepi pantai, dan gangguan aktivitas di laut.

    Tim Editor

    Beritabenua
    BeritabenuaEditor

    Berita Terkait

    Cover
    Nasional

    Miris! Finalis Putri Nelayan di Sukabumi Diduga Dilecehkan Oknum Panitia

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Mantan Gubernur Maluku Utara Diduga Suap dan Sering Ngamar Bareng Wanita

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Helikopter Wisata Jatuh di Pantai Suluban Bali, Nasib Penumpang?

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Oknum Polisi di Bangka Belitung Diduga Cabuli Siswi SMP Saat Melapor

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Disebut Berafiliasi dengan Israel, PWNU Jakarta Pecat 4 Pengurus

    Titik Puspita 2 bulan lalu

    Baca

    Baru