Sungguh Ideal Bila Terowongan Katedral Menuju Masjid Istiqlal Jakarta Diresmikan Bersama Paus Fransiscus Agar Lebih Bernuansa Religius dan Bernilai Spiritual

BeritaBenua.com —
JE
JE (Tim)Penulis
detikNews

SINJAI, Beritabenua.com - Pernyatasm resmi Vatikan tentang rencana Paus Fransiscus akan datang ke Indonesia sekalian ke Papua Nugini, Timor Timur dan Singapura pada 3 September 2024, dapat dipsstikan jadi dalam bentuk kunjungan resmi Paus Fransiscus mulai 2 September - 13 September 2024 yang menempuh jarak tak kurang dari 30.000 km hingga menjadi perjalanan terpanjang sejak menjadi Pemimpin Gereja Katolitik se dunia sejak dia jabat pada tahun 2013, yang kini berusia 87 tahun.

Jadual Paus Fransiscus di Indonesia mulai 3 September - 6 September 2024, lalu tetus ke Port Miresby dan Panimo pada 6 September - 9 September 2024, hingga berada di Dili pada 9 Seeptember - 11 September 2024 yang berakhir di Singapura pada 11 September - 13 September 2024.

Masalah kesehatan Paus Fransiscus yang semakin rentan dalam usia 87 sekarang, manjadi bukti dari keseriusannya untuk membangun persahabatan dan persaudaraan manusia di bumi, agar rukun dan damai menata kehidupan yang harmoni.

Etos kerjanya yang terpuji, tidak pernah berlibur hingga sangat mengesankan dengan gelar kepausan yang diembannya bagi umat manusia. Mulai dari rasa nyeri lutut hingga operasi hernia dan usus besar mulai pulih tanpa harus terus duduk di atas kursi roda seperti yang pernah dialami sebelumnya.

Penerbangan sekitar 30 jam yang akan ditempuh pasti akan sangat terasa melelahkan yang diimbuh oleh perbedaan waktu 8 jam dari Vatikan menuju Indonesia.

Bagi Indonesia yang telah resmi menerima rencana kunjungan ini sejak Matet 2024 -- setidaknya dalam dialog Forum Indonesia Damai pada Acara Buka Puasa Bersama hingga Acara Halal bi Halal yang juga disekenggarakan di Katedral Jakarta -- harapan dari kedatangan Paus Frandiscus telah menjadi topik bahasan dengan harapan akan ikut meresmikan Terowong Kedamaian Antar Umat yang menghubungkan Katedral dengan Masjid Agung Istiqlal, Jakarta.

Terowongan Kedamaian itu pun diidealkan dapat menjadi obyek wisata spiritual yang dilengkapi dengan fasilitas umum, perpustakaan, ruang baca serta beragam benda serta dokumen penting yang dapat semakin mempererat ikatan perkawanan dan persaudaraan lintas agama di Indonesia. Hingga bisa menjadi model yang mengukuhkan kerukunan umat beragama yang sesungguhnya akan memberi nilai lebih bagi seluruh anak bangsa dalam memaknai Bhineka Tunggal Ika, ungkap Sri Eko Sriyanto Galgendu seusai pertemuan khusus dengan Ignatius Kardinal Suharyo sebelum acara buka puasa bersama yang dihadiri seluruh pemuka dan tokoh agama yang ada.

Dalam tausiahnya pun Imam Besar Madjid Agung Istiqlal Jakarta, Prof. KH. Nazarudin Umar pun jelas mengungkapkan harapannya ketika bertemu tokoh dari agama dari Vatikan berharap Paus Fransiscus berjenan hadir saat peresmian Terowongan Kedamaian Umat Beragama yang menghubungkan Katedral dengan Masjid Agung Istiqlal Jakarta saat diresmikan.

Untuk mendukung Terowongan Kedamamaian inilah Sri Eko Sriyanto Galgendu yang juga pengusaha kuliner mulai merintis kawasan kuliner malam di sepanjang Jalan Ir. H. Juanda. Karena sebagai Pemimpin Spiritual Nusantara, Sri Eko Sriyanto Galgendu untuk melakukan percepatan gerakan kebangkitan dan kesadaran spiritual perlu dilakukan melalui pendekatan yang lebih holistik.

Dan kehadiran Paus Fransiscus ke Indonesia -- dan bila berkenan ikut meresmikan Teroeongan Kedamaian yang menghubungkan Katedral dengan Masjid Agung Istiqlal Jakarta, pasti memberi nilai historis yang sangat bernuansa religius dan nilai spiritual yang monomental sifatnya.

Jakarta, 29 Mei 2024

    Tim Editor

    Beritabenua
    BeritabenuaEditor

    Berita Terkait

    Cover
    Nasional

    Miris! Finalis Putri Nelayan di Sukabumi Diduga Dilecehkan Oknum Panitia

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Mantan Gubernur Maluku Utara Diduga Suap dan Sering Ngamar Bareng Wanita

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Helikopter Wisata Jatuh di Pantai Suluban Bali, Nasib Penumpang?

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Oknum Polisi di Bangka Belitung Diduga Cabuli Siswi SMP Saat Melapor

    Titik Puspita sekitar 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Nasional

    Disebut Berafiliasi dengan Israel, PWNU Jakarta Pecat 4 Pengurus

    Titik Puspita 2 bulan lalu

    Baca

    Baru