Membangun Literasi: TBM Attironge dan TBM KARLOS Sinjai Dapatkan Pembekalan Dari Kemendikbudristek

BeritaBenua.com —
Beritabenua
BeritabenuaPenulis

Jakarta, Beritabenua.com - 30 Agustus 2024 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Attironge dan TBM KARLOS Kabupaten Sinjai baru saja menyelesaikan kegiatan pembekalan bantuan literasi yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Kedua komunitas literasi ini terpilih untuk menerima dana bantuan guna memperkuat kegiatan literasi di daerah masing-masing.

Kegiatan pembekalan berlangsung di Hotel The Sultan Jakarta pada tanggal 27-30 Agustus 2024, dengan agenda padat dari pagi hingga malam. Selama acara, para utusan dari berbagai komunitas literasi dibekali pengetahuan penting terkait pengelolaan bantuan pemerintah (Banpem). Materi yang disampaikan mencakup mekanisme perpajakan anggaran, pertanggungjawaban kegiatan dan anggaran Banpem, mekanisme pelaporan dan evaluasi, metode penyusunan RAB, serta pemahaman tentang orientasi dan tujuan yang diharapkan dari program ini.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Prof. Dr. Aminuddin Azis, memberikan arahan terkait pelaksanaan Banpem 2024. Beliau menekankan pentingnya pemanfaatan dana bantuan dengan penuh tanggung jawab. Sebagai simbol komitmen, dilakukan seremonial penandatanganan perjanjian kontrak dan penyerahan bantuan sebesar 50 juta rupiah kepada perwakilan peserta.

Setelah penyampaian materi, peserta juga mendapatkan pendampingan untuk memperbaiki RAB yang telah diajukan. Setiap proposal komunitas diperiksa dan dikoreksi secara detail, memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperbaiki dan menyempurnakan rencana kegiatan literasi yang akan dilaksanakan.

Dengan pembekalan ini, TBM Attironge dan TBM KARLOS Sinjai siap untuk melaksanakan program-program literasi yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di kabupaten masing-masing. Diharapkan, program ini tidak hanya meningkatkan minat baca, tetapi juga memberdayakan komunitas melalui kegiatan literasi yang berkelanjutan.

Tim Editor

Beritabenua
BeritabenuaEditor

Berita Terkait

Cover
Pendidikan

Pelaksanaan ANBK di SMAN 13 Sinjai Berakhir Sukses dengan Dua Sesi Setiap Hari

Rahayu (Tim) 29 hari lalu

Baca
Cover
Pendidikan

SMA Negeri 13 Sinjai Raih 4 Penghargaan Dalam Perayaan HUT RI di Sinjai Tengah

Rahayu (Tim) 30 hari lalu

Baca
Cover
Pendidikan

UPT SMAN 13 Sinjai Juara 1 Lomba Nyanyi Solo dan Vokal Group Tingkat SMA/MA di Lappadata

Beritabenua sekitar 1 bulan lalu

Baca
Cover
Berita Terkini

HMI MPO Pertanyakan Beasiswa di Sinjai Yang Tak Kunjung Cair

Beritabenua 4 bulan lalu

Baca
Cover
Pendidikan

Tingkatkan Minat Literasi, Duta Baca SULSEL Gelar Jappa-Jappa Literasi

Ra (Tim) 4 bulan lalu

Baca

Baru