Duta Baca Sulawesi Selatan Sukses Melaksanakan Focus Group Discussion

BeritaBenua.com —
Rar
Rara (tim)Penulis

MAKASSAR, Duta Baca Sulawesi Selatan Sukses Melaksanakan Focus Group Discussion dengan Tema "Generasi Strawberry" dan Ngopi Produktif dengan Tema "Pemuda Berdaya, Berdampak dan Berkarya" pada Selasa, (30/01/ 2024) di Gedung Multimedia Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan dibagi menjadi dua sesi, pagi dan malam hari. Adapun kegiatan itu adalah Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema "Strawberry Generation Break Walls in Disruptif Era" yang dilaksanakan pagi menjelang siang di Gedung Multimedia Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan dengan menghadirkan tiga narasumber perwakilan Duta Lingkungan Indonesia 2021, Duta Bahasa Sulselbar 2023 dan Duta Inspirasi Sulawesi Selatan 2022 dengan tamu undangan para perwakilan Duta Se Sulsel dan organisasi.

Alfian Silvia Krisnasari (Duta Pepelingasih Indonesia 2021), mengungkapkan rasa terimakasih nya, "Saya sangat bersyukur karena bisa berbagi pengalaman dengan teman-teman meskipun hanya mengisi melalui zoom karena lain hal, sehingga tidak bisa menghadiri secara offline. Namun saya sangat bersyukur dan berterima kepada Duta Baca Sulsel karena sudah memberikan saya kesempatan dalam berbagi pengalaman berkaitan dengan tema yang diangkat ini". Tutur Duta Pepelingasih Indonesia 2021 itu yang asalnya dari Solo.

Duta Baca Sulawesi Selatan turut mengungkapkan rasa syukurnya, "Alhamdulilah terimakasih kepada semua yang sudah terlibat, bapak/ibu Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan yang sudah terlibat dan membantu persiapan kegiatan ini, para narasumber yang sudah sangat luar biasa utamanya memberikan support, narasumber dari Solo Mba Silvia sebagai sponsor kegiatan ini juga, teman-teman tamu undangan Duta Duta yang sempat hadir terimakasih, saya berharap ini bukan kegiatan pertama dan terakhir. Tapi ini adalah awal dari langkah yang baik dan berkelanjutan". Ucap Duta Baca Sulsel Ramlah Rara.

Pembicara terakhir adalah Bapak Ismail, selaku asisten Manager departemen Marketing dan Komunikasi Erlangga, menjelaskan dan memberikan pengarahan bagaimana Erlangga ini berdampak untuk masyarakat luas dengan berbagi macam program kerjanya.

Selanjutnya Bapak H. Nasaruddin, S.Ag (Pustakawan Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus Pembina Duta Baca Sulawesi Selatan) memberikan arahan, "Terimakasih atas kegiatan yang sudah dilaksanakan, kami sangat mensupport dengan kegiatan seperti ini. Semoga kedepannya kita bisa berkolaborasi apalagi bersama-sama mempromosikan perpustakaan sebagai tempat yang bukan hanya sebagai tempat membaca dan belajar saja, akan tetapi menggunakan perpustakaan sebagai wadah berkembang, berkreasi dan menerapkan gerakan perpustakaan sebagai gerakan Literasi Inklusi Sosial", ucapnya.

Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat dan diakhiri dengan makan siang bersama dan arahan dari Bapak H. Nasaruddin. S.Ag dan diskusi singkat di ruang meja makan.

Malam hari dilanjutkan dengan Ngopi Produktif dengan Tema "Pemuda Berdaya, Berdampak dan Berkarya" dilaksanakan di depan Gedung Multimedia Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan yakni di Kedai Alifi. Dengan menghadirkan empat pembicara yakni Ramlah Rara Duta Baca Sulsel, Bang Maman Founder K-Apel, Alam Tompo Content Creator, Muliana Mursalim Content Creator Pendidikan, dan dipandu oleh MC Pakampong Daeng Marlin lalu dihibur oleh Muhammad Alifi selaku pemilik Kedai Alifi yang memiliki suara emas dan lagu-lagu daerahnya.

Pembahasan dengan tema kepemudaan yang dibahas sangatlah menarik dan berlangsung secara santai lalu dilanjutkan sharing santai bersama peserta memberikan insight baru. Seperti ungkapan Bang Maman Founder K-Apel mengatakan, "Kegiatan seperti ini memang harus dilaksanakan, agar kita saling membangun dan memberikan inspirasi satu sama lain".

Demikian dengan Content Creator Alam Tompo dan Muliana Mursalim dengan penuturan yang sama bahwa kegiatan kolaborasi seperti ini memang selalu ditunggu-tunggu oleh mereka. Segala hal baik selalu dinantikan dan diaksikan bersama-sama, meskipun konten mereka beda namun visi misi mereka tetap sama yakni kebermanfaatan.

Selain kedua content creator sebagai narasumber kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa content creator seperti Herry, Zulkifli dan Rijal Djamal. Sebuah kebahagiaan tersendiri bagi pelaksana.

Kedua kegiatan ini terlaksana dengan baik, dengan harapan akan mampu berlanjut hingga nanti dan bukan pertama kalinya. Kegiatan Duta Baca Sulawesi Selatan ditutup di bulan Januari dengan kegiatan dua sesi yakni Focus Group Discussion dan Sharing Ngopi Produktif.

Tim Editor

Beritabenua
BeritabenuaEditor

Berita Terkait

Cover
Pendidikan

Membangun Literasi: TBM Attironge dan TBM KARLOS Sinjai Dapatkan Pembekalan Dari Kemendikbudristek

Beritabenua 18 hari lalu

Baca
Cover
Pendidikan

Pelaksanaan ANBK di SMAN 13 Sinjai Berakhir Sukses dengan Dua Sesi Setiap Hari

Rahayu (Tim) 29 hari lalu

Baca
Cover
Pendidikan

SMA Negeri 13 Sinjai Raih 4 Penghargaan Dalam Perayaan HUT RI di Sinjai Tengah

Rahayu (Tim) 30 hari lalu

Baca
Cover
Pendidikan

UPT SMAN 13 Sinjai Juara 1 Lomba Nyanyi Solo dan Vokal Group Tingkat SMA/MA di Lappadata

Beritabenua sekitar 1 bulan lalu

Baca
Cover
Pendidikan

Tingkatkan Minat Literasi, Duta Baca SULSEL Gelar Jappa-Jappa Literasi

Ra (Tim) 4 bulan lalu

Baca

Baru