Komunitas Pintu Literasi Sukses Melaksanakan Semarak Milad Komunitas Pintu Literasi ke-3 Tahun Berkolaborasi dengan Duta Baca Sulawesi Selatan

BeritaBenua.com —
Rar
Rara (Tim)Penulis

GOWA- Semarak Milad Komunitas Pintu Literasi sukses dilaksanakan di Kedai Literasi yang merupakan sekretariat Pintu Literasi terletak di Tanete Dusun Tanete Desa Tanete Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan yang dihadiri oleh anak-anak TK, SD, SMP dan SMA sederajat yang mengikuti lomba tradisional dan keagamaan itu. Adapun lomba yang dilaksanakan terdiri atas lomba Adzan, Mewarnai, Makan Kerupuk, Tusuk Botol, Kelereng, Lari, Puisi, A'royong, Pakkiok Bunting, Orasi Ilmiah dan lain-lain.

Kolaborasi yang dilaksanakan oleh Komunitas Pintu Literasi dengan melibatkan Duta Baca Sulawesi Selatan sekaligus Founder Pintu Literasi menyampaikan, "Saya sangat bersyukur ini adalah tahun ketiga dan ketiga kalinya kita melaksanakan semarak Milad Komunitas Pintu Literasi yang ketiga tahun dengan rangkaian lomba tradisional dan budaya lokal.

"Selain itu ada rencana Camp Literasi atau Focus Group Discussion (FGD) yang akan dilaksanakan di bulan Februari mendatang dan gerakan berbagi pada duafa yang selalu dilaksanakan setiap bulannya. Tentu saja saya sangat berharap kepada teman-teman agar kerja sama nya lebih dipererat dan saya sangat bersyukur dan berterima kasih teman-teman pengurus sudah mampu bekerja sama dengan baik sejak awal hingga beberapa tahun terakhir, karena saya yakin dan percaya komunitas ini tidak akan hidup hingga sekarang tanpa kontribusi para pengurus",Tutur Duta Baca Sulawesi Selatan.

Tidak hanya dihadiri oleh anak-anak dan remaja saja, tapi ada beberapa ibu-ibu yang mengantarkan anaknya mengikuti lomba ini seperti tahun-tahun sebelumnya dan memiliki harapan yang sama. Ibu Fadil mengatakan bahwa, "Anak saya selalu semangat dan bertanya pada Kak Rara (Sapaan akrab Duta Baca Sulawesi Selatan), kapanpi lagi diadakan lomba kak? Akhirnya lomba tahun kemarin kembali dilaksanakan hari ini dan lebih semarak lagi karena lebih banyak lagi lombanya.

"Saya selaku orang tua sangat berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan di kedai ini dan Komunitas Pintu Literasi agar anak-anak jauh dari kegiatan negatif dan pergaulan bebas", ungkap Ibu Fadil, ibu dari peserta lomba."Ucap salah satu orang tua peserta

Kegiatan ini tentu saja terlaksana berkat dukungan para pengurus dan Duta Baca Kecamatan Tompobulu sebagai partner kerja Komunitas Pintu Literasi yang dibentuk tahun 2023 kemarin, serta kegiatan ini terlaksana berkat sokongan dana dari pada donatur yang selalu memberikan perhatian dan kontribusi yang nantinya akan menjadi hadiah para juara dan semua peserta.

Ketua Komunitas Pintu Literasi Ayu Elfira mengatakan, "Kami di Komunitas Pintu Literasi sudah beberapa tahun ini memiliki donatur tetap kegiatan, selain para pengurus yang bahu membahu memberikan sumbangsih seikhlasnya untuk setiap kegiatan. Kami juga memiliki donatur tetap sedekah bulanan, donatur tetap kegiatan, dan kami selalu membuka sponsor untuk kegiatan kami ini. Semua pemerintah, pengusaha yang ingin berkontribusi kami persilahkan, dan Alhamdulillah nya banyak yang mendukung kami. Inilah yang patut kamu syukuri bersama pengurus lainnya".

Kegiatan yang dilakukan dengan berbasis literasi inklusi sosial sejalan dengan program kerja Duta Baca Sulawesi Selatan yang harapannya kedepannya mampu dikolaborasikan dan digaungkan bersama. Tentu saja besar harapan masyarakat dengan adanya respon yang baik, semoga saja kegiatan seperti ini tetap Istiqomah dilaksanakan oleh Komunitas Pintu Literasi dengan berkolaborasi bersama membumikan literasi. Karena literasi memang perlu menjadi perhatian khusus, karena kunci dari banyaknya permasalahan yang ada adalah rendahnya minat literasi masyarakat dan generasi muda saat ini.

Tim Editor

Beritabenua
BeritabenuaEditor

Berita Terkait

Cover
Pendidikan

Membangun Literasi: TBM Attironge dan TBM KARLOS Sinjai Dapatkan Pembekalan Dari Kemendikbudristek

Beritabenua 18 hari lalu

Baca
Cover
Pendidikan

Pelaksanaan ANBK di SMAN 13 Sinjai Berakhir Sukses dengan Dua Sesi Setiap Hari

Rahayu (Tim) 29 hari lalu

Baca
Cover
Pendidikan

SMA Negeri 13 Sinjai Raih 4 Penghargaan Dalam Perayaan HUT RI di Sinjai Tengah

Rahayu (Tim) 30 hari lalu

Baca
Cover
Pendidikan

UPT SMAN 13 Sinjai Juara 1 Lomba Nyanyi Solo dan Vokal Group Tingkat SMA/MA di Lappadata

Beritabenua sekitar 1 bulan lalu

Baca
Cover
Pendidikan

Tingkatkan Minat Literasi, Duta Baca SULSEL Gelar Jappa-Jappa Literasi

Ra (Tim) 4 bulan lalu

Baca

Baru