Peran Krusial Pelajar Sebagai Fondasi Masa Depan

BeritaBenua.com —
Beritabenua
BeritabenuaPenulis
Syafiq Iar

OPINI, Pelajar harus memiliki peran krusial dalam membangun fondasi masa depan. Proses pembelajaran tidak hanya tentang pengetahuan, tetapi juga mengenai pengembangan karakter, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis.

Keterlibatan aktif dalam kegiatan organisasi termasuk ikatan pelajar Muhammadiyah tentu memiliki peran aktif untuk mencerdaskan pelajar hari ini, kolaborasi dengan teman sebaya, dan sikap terbuka terhadap pemahaman baru dapat memperkaya pengalaman pendidikan mereka.

Dalam memahami karakter pelajar hari ini, harus mampu mengembangkan life skill yang dimiliki sehingga dapat berkontribusi untuk negara, umat, dan bangsa. Tentu peran pelajar hari ini harus mulai berinovasi memperbanyak pengalaman bukan hanya di bangku sekolah tetapi juga mengembangkan di lingkup organisasi.

Tentu kondisi pelajar hari ini mampu dilihat dari pergaulan sehari- hari, apakah dari pergaulan tersebut mampu mengantarkan pada kebaikan ataupun justru membawa kepada keburukan, hal inilah yang harus selalu diperhatikan tentang bagaimana budaya pendidikan dan bagaimana kondisi pergaulan sehingga apa yang hari ini pelajar hadapi tentu bisa melewati dengan keilmuan serta pemahaman agama yang jelas.

Seiring dengan meningkatnya perhatian terhadap masalah perilaku tidak etis dan kecurangan di kalangan pelajar, semakin banyak generasi muda yang menunjukkan sikap berintegritas tinggi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Memberikan harapan bahwa pelajar berintegritas dapat menjadi pilar moral dan etika dalam masyarakat serta membentuk masa depan yang lebih baik.

Dalam sebuah penelitian terbaru, ditemukan bahwa pelajar yang memiliki integritas tinggi cenderung memiliki kepercayaan diri, ketahanan mental, dan kemampuan untuk membuat keputusan yang etis.

Mereka menunjukkan keberanian untuk berdiri teguh dalam menghadapi godaan dan menolak terlibat dalam perilaku merugikan. Pelajar berintegritas juga memiliki kecenderungan untuk memimpin dengan contoh dan mempengaruhi orang di sekitar mereka dengan kejujuran, integritas, dan moralitas yang tinggi.

Selain itu, penting untuk menekankan tanggung jawab sosial pada pelajar. Mereka perlu menyadari bahwa mereka memiliki tanggung jawab terhadap orang lain dan masyarakat secara keseluruhan.

Program sukarela, organisasi dan komunitas dapat menjadi cara efektif untuk melibatkan pelajar dalam kegiatan yang mempromosikan integritas dan membantu mereka memahami pentingnya kontribusi positif bagi lingkungan sekitar mereka

Semua ini harus bersatu untuk membentuk individu yang siap menghadapi tantangan dan berkontribusi positif pada masyarakat dan teruss berkembang sepanjang hidup.

Penulis: Syafiq Iar

*Tulisan tersebut merupakan tanggung jawab penulis.

Tim Editor

Beritabenua
BeritabenuaEditor

Berita Terkait

Cover
Pendidikan

Membangun Literasi: TBM Attironge dan TBM KARLOS Sinjai Dapatkan Pembekalan Dari Kemendikbudristek

Beritabenua 18 hari lalu

Baca
Cover
Opini

Merayakan Kemerdekaan, Merawat Kebhinekaan.

Bahrul.M (Alumni Sarjana Antropologi UNM) sekitar 1 bulan lalu

Baca
Cover
Opini

Pilkada Sinjai 2024, Korelasi Kemajuan Zaman dengan Kepemimpinan Perspektif Leluhur

A. Syahrul Paesa, S.IP sekitar 2 bulan lalu

Baca
Cover
Opini

Bukan Sekedar Agenda Politik, Pilkada Momentum Cari Pemimpin yang Berkualitas

Beritabenua sekitar 2 bulan lalu

Baca
Cover
Opini

Gerakan Kepemimpinan Berdampak, IPM Sulsel Usulkan Pilar Triple K

Beritabenua 3 bulan lalu

Baca

Baru