Gubernur Serahkan Bantuan Keuangan kepada Parpol, Hingga Ormas di Kaltara

BeritaBenua.com —
Beritabenua
BeritabenuaPenulis
Gubernur Kaltara, Dr. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum mengabadikan momen usai memberikan secara simbolis bantuan keuangan kepada parpol, lembaga pemerintah, penyelenggara pemilu dan ormas di Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (21/8).

TARAKAN, Beritabenua-  Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum. menghadiri dan menyerahkan secara simbolis bantuan keuangan kepada Partai Politik, Lembaga Pemerintah, Penyelenggara Pemilu/Pilkada serentak 2024, dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Provinsi Kaltara yang dilaksanakan di Hotel Royal Tarakan, Rabu (21/8) malam.

Sebagaimana mestinya lembaga yang menggunakan APBD, Gubernur berharap agar bantuan keuangan tersebut dapat dikelola dan digunakan sebagaimana mestinya untuk kemaslahatan masyarakat Kaltara.

"Saya berharap penyerahan bantuan keuangan ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya demi kemaslahatan masyarakat Kalimantan Utara," terang Gubernur Zainal Paliwang.

Pelaksanaan Pilkada serentak akan dilaksanakan pada bulan November yang tentu semua pihak berharap tingkat partisipasi masyarakat terus meningkat karena hal tersebut menjadi salah satu indikator tingkat kesadaran masyarakat dalam politik.

"Upaya untuk menumbuhkan kedewasaan dalam berpolitik perlu dilaksanakan secara terus menerus melalui sosialisasi, diskusi, maupun simulasi terkait pelaksanaan Pemilu dan Pilkada," tutur Gubernur.

Dalam UU Nomor 1 Tahun 2018 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik, bahwasanya penggunaan dana bantuan keuangan yang diberikan sudah ditentukan persentasenya hanya boleh digunakan untuk kegiatan pendidikan politik dan operasional kesekretariatan.

Selain memberikan bantuan keuangan kepada Parpol dan Penyelenggara Pemilu/Pilkada 2024, Gubernur memberikan bantuan keuangan kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kaltara sebagai upaya mendukung pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kaltara.

Pemerintah Provinsi Kaltara juga memberikan bantuan kepada Ormas seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Pembauran Kebangsan (FPK), Dewan Adat Dayak (DAD) serta Laskar Pemuda Adat Dayak (LPAD) untuk melaksanakan kegiatan pembinaan kepada masyarakat Kaltara.

"Sekali lagi saya berpesan agar menggunakan bantuan tersebut secara proporsional, tidak ada konflik kepentingan, bebas dari korupsi, dan sesuai peraturan perundang-undangan," tutup Zainal Paliwang.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Pj. Walikota Tarakan, Kepala BNNP Kaltara, Perwakilan KPU Provinsi Kaltara, Perwakilan Bawaslu Provinsi Kaltara, Perwakilan DPW dan DPD Parpol se-Kaltara, dan Pimpinan Ormas serta mitra Pemerintah Provinsi Kaltara.

    Tim Editor

    Beritabenua
    BeritabenuaEditor

    Berita Terkait

    Cover
    Berita Terkini

    Peringati Hari Anak Nasional ke 40 Tahun, PP PAUD Menggelar Seminar Pendidikan

    Beritabenua sekitar 12 jam lalu

    Baca
    Cover
    Berita Terkini

    Kabupaten Penajam Paser Utara raih penghargaan Dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)

    Beritabenua sekitar 15 jam lalu

    Baca
    Cover
    Berita Terkini

    Diberikan Langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah PPU Terima Penghargaan

    Beritabenua sekitar 15 jam lalu

    Baca
    Cover
    Berita Terkini

    Desa Wisata Pertanian di Gunung Mulia, Babulu, Berhasil Tarik Perhatian Banyak Pengunjung

    Beritabenua sekitar 15 jam lalu

    Baca
    Cover
    Berita Terkini

    Demi Menunjang Kualitas Dan Ketersediaan Fasilitas, Disdikpora PPU Tingkatan Sarana Dan Prasarana

    Beritabenua sekitar 15 jam lalu

    Baca

    Baru