Hangatnya Isu Pilkada Sinjai 2024, Nama Andi Jefriyanto Asapa Muncul

BeritaBenua.com —
Beritabenua
BeritabenuaPenulis
Jefriyanto Asapa

SINJAI, Beritabenua.com— Genderang tahapan Pilkada serentak 2024 termasuk di Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan telah ditabuh, sejumlah figur potensial pun yang diharapkan dapat ikut berlaga dalam bursa kandidasi terus dimunculkan, bahkan kecenderungan mengerucutkan pada satu nama yang diharapkan dapat berlabuh pada dermaga 01 Bumi Panrita Kitta, pun kian menguat.

Seperti dirangkum dari berbagai elemen masyarakat, nama Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefriyanto Asapa seakan mendominasi perbincangan dan harapan mereka untuk menjadi pilihan prioritasnya.

Untuk memastikan Andi Jefriyanto Asapa dapat terakomodir sebagai salah satu kandidat, mereka pun mulai menata jalur independen sebagai langkah antisipasi jika partai politik sudah "sarat penumpang". 

Menanggapi isu tersebut, Presidium Sinjai Geram, Awaluddin Adil yang ditemui pada Senin (08/04/2024) mengatakan, beredarnya sejumlah nama yang bakal meramaikan kontestasi Pilkada Sinjai, pertanda bahwa daerah ini memiliki potensi sumber daya calon pemimpin dari figur-figur pilihan, sehingga masyarakat pun memiliki banyak pilihan.

Selain itu, pemunculan banyak nama dan beragam figur, juga menjadi isyarat kalau mesin partai dan pengkaderan politik berjalan baik seiring dengan peran serta dan partisipasi politik masyarakat untuk memilah dan memilih calon pemimpinnya, termasuk kecenderungan mengerucutkan pada satu nama.

“Tinggal dilihat siapa yang bakal konsisten. Sementara pemunculan dan upaya penguatan untuk satu nama di antara banyaknya pilihan, adalah sesuatu yang wajar dan normatif di awal sebuah kompetisi, karena pada akhirnya tetaplah suara terbanyak yang akan menentukan dari calon-calon pilihan yang akan ditetapkan berdasarkan mekanisme dan ketentuan yang berlaku” jelasnya.

Lanjut Awaluddin, kalau kita membincang figur Andi Jafriyanto Asapa sebagai harapan unggulan banyak pihak, hal ini dapat dilihat dan dicermati sebagai satu kesatuan pandang yang mempersepsikan sosok dan kepemimpinan Andi Jefriyanto Asapa sebagai representasi kebutuhan pemimpin Sinjai lima tahun mendatang.

“Oleh karenanya. saya menilai pemunculan Andi Jefriyanto Asapa sebagai figur unggulan dengan berbagai pertimbangan yang rasional tentunya, baik karena ketokohannya maupun karena latar belakang pengalaman dan pengabdiannya, patut kita dukung sebagai bagian dari ikhtiar elemen masyarakat kita untuk sampai pada pilihan pemimpin yang tepat” terangnya.

Jika kita semua dapat saling memahami dan saling menghargai perbedaan pilihan, kata Awaluddin, maka dirinya optimis bahwa proses demokratisasi dalam persaingan yang semakin ketat di daerah akan semakin baik.

“Pada akhirnya kita akan memiliki pemimpin daerah dari, oleh dan untuk daerah dan masyarakat Sinjai” tutupnya.

    Tim Editor

    Beritabenua
    BeritabenuaEditor

    Berita Terkait

    Cover
    Politik

    Wahyu Pandawa Sosok Jubir Milenial BERAKAR-MI, Berikut Profilnya!

    Beritabenua 12 hari lalu

    Baca
    Cover
    Politik

    Golkar Resmi Usung Kartini-Muzakkir di Pilkada Sinjai

    Arrang Saz sekitar 1 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Politik

    Jelang Pilkada, Dukungan H. Andi Kartini Ottong-Muzakkir Terus Bertambah

    Arrang Saz 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Politik

    Muzayyin Arif Temu Konsituen dan Simpatisan di Wisata Kampung Galung

    Arrang Saz 2 bulan lalu

    Baca
    Cover
    Politik

    Andi Awaluddin Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemenangan AKAR

    Arrang Saz 2 bulan lalu

    Baca

    Baru