Duta Baca Sulawesi Selatan 2023 Sukses Melaksanakan Temu Literasi Pada Momentum Beautiful Malino (13-14/07/2024).

BeritaBenua.com —
Rar
Rara (Tim)Penulis

SULSEL, Beritabenua.com - Kegiatan temu literasi ini dilaksanakan dalam momentum memeriahkan Beautiful Malino yang mengangkat tema "Harmony Of Malino" pada 12-14 Juli 2024 dan kegiatan temu literasi ini dilaksanakan pada 13-14 Juli 2024 dengan mengangkat tema "Isu Lingkungan Hidup dalam Atraksi Wisata Beautiful Malino". Adapun beberapa rangkaian kegiatan dalam agenda ini adalah Accarita Literasi, Lapak Baca, Aksi Bersih dan Menulis Bersama yang dimana tulisan ini memuat tentang kesan dan pesan kegiatan Beautiful Malino.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa kawan pembicara diantaranya adalah Vira Ramadhani Duta Remaja Sulawesi Selatan 2024, Syifah Nasyah Duta Pelajar Sulawesi Selatan 2024, Indra Eka Susanto Bendahara Umum DPP HIPMA Gowa, Putri Sri Ardianti selaku Founder Podcast Rumah Perempuan Forum Lingkar Perempuan, Ikmal Abidin selaku ketua Pintu Literasi dan pegiat literasi serta sosial dan dipandu langsung oleh Duta Baca Sulawesi Selatan 2023 Ramlah Rara.

Tujuan kegiatan ini adalah silaturahmi sesama Duta dan pegiat literasi di Kabupaten Gowa, selain memberikan edukasi kepada generasi z dan para pengunjung di Beautiful Malino terkhusus pada peserta Summer Camp di Beautiful Malino tentang pentingnya menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarang tempat dan tetap menjaga keasrian hutan pinus Malino.

Dalam kegiatan Accarita Literasi ini Indra Eka Susanto selalu Bendahara Umum DPP HIPMA Gowa menitik beratkan pada kesadaran pemuda dan pentingnya kolaborasi dalam menjaga lingkungan kita terkhusus dalam acara tahunan Beautiful Malino, pengunjung tetap menjaga kebersihan dan panitia pelaksana menyediakan wadah dan tempat sampah.

"Kita memang harus berkolaborasi dalam menggerakkan literasi khususnya di Tana Toraja, karena dengan kolaborasi kita bisa mencapai tujuan kita yakni melahirkan generasi muda yang suka membaca buku," ujar Ramlah.

Harapan besar Ramlah Rara dapat mengunjungi semua Kabupaten Kota di Sulawesi Selatan dengan gerakan yang sama yakni menggaungkan literasi dan ikut berkolaborasi dalam meningkatkan indeks dan budaya literasi di Sulawesi Selatan.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan kepemudaan dan literasi seperti ini karena dengan adanya diskusi seperti ini bisa menjadi wadah untuk teman-teman di Gowa dan apabila literasi sampah di masyarakat telah baik, akan terciptanya kesadaran akan urgensi pengolahan sampah dengan baik pula. Kemudian akan mendorong masyarakat untuk mengurangi, dan mendaur ulang (3R, Eeduce, Reuse dan Recycle) sampah secara sukarela.

Oleh karena itu, adanya diskusi terkait dengan Literasi lingkungan maka kesimpulannya adalah sampah sangat penting untuk disampaikan dalam membantu mengatasi permasalahan sampah yang semakin meningkat di sekitar kita. Alhasil berkat literasi sampah, masyarakat bisa memahami pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar", Ujar Indra Eka Susanto.

Acaranya Accarita Literasi sampah dan lingkungan ini berlangsung meriah dan di dengarkan banyak peserta dari summer camp yang dengan saksama mendengarkan di depan tentang masing-masing dan area panggung utama camp.

Sama halnya dengan harapan dan kesan dari Vira Ramadhani Duta Remaja Sulawesi Selatan 2024, ia pun mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih telah di undang dalam kegiatan Temu Literasi.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan kepemudaan seperti ini karena dengan adanya diskusi seperti ini bisa menjadi wadah untuk menyalurkan ide dan aspirasi dari generasi muda. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang isu-isu penting yang sedang dihadapi masyarakat, seperti isu lingkungan.

Harapan saya, dengan adanya diskusi ini, teman-teman peserta camp dapat lebih memahami dampak dari aktivitas wisata terhadap lingkungan dan menemukan solusi yang inovatif untuk menjaga kelestarian alam di sekitar objek wisata Beautiful Malino serta kita dapat menciptakan sinergi antara kepentingan pariwisata dan pelestarian lingkungan, sehingga pariwisata di Malino dapat berkembang secara Sustainable dan tetap menjaga keindahan alamnya untuk generasi mendatang".

Sementara itu Duta Pelajar Sulawesi Selatan 2024 pun mengucapkan ungkapan terima kasih kepada Duta Baca Sulawesi Selatan 2023 telah menginisiasi kegiatan ini dan merupakan panggung pertama dari Duta Pelajar Sulawesi Selatan ini, "Saya sangat bersyukur bisa hadir di tempat ini dan bertemu banyak pemuda hebat sore ini, semoga kegiatan ini merupakan langkah awal untuk kita bergerak dan berkolaborasi bersama dengan beragam gerakan dan aksi. Di Duta Pelajar sendiri kita memiliki aksi Tangkasaki, oleh karena itu kami mengajak semua teman-teman untuk ikut berkontribusi dan tetap menjaga alam semesta di setiap momentum keramaian utamanya dalam kegiatan Beautiful Malino ini", tutur Syifah Nasyah.

Harapan besar Duta Baca Sulawesi Selatan 2023 Ramlah Rara dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan adalah terjalinnya silaturahmi antara semua Duta, Organisasi Kepemudaan, Masyarakat akan pentingnya kolaborasi karena Rara sangat yakin Kolaborasi ini akan melahirkan kebaikan-kebaikan yang lebih besar. Semoga kegiatan literasi di tahun 2025 tetap ada dalam kegiatan Beautiful Malino seperti kegiatan Beautiful Malino tahun 2024 yang juga di inisiasi oleh Duta Baca Sulawesi Selatan Sulawesi 2023 Ramlah Rara dengan segala kekurangan dan hambatan ia mengungkapkan terimakasih dan rasa syukur. Kepada panitia Beautiful Malino dan pemerintah Gowa dan narasumber serta pemuda yang ikut berkontribusi dalam kegiatan Accarita Literasi dan Aksi Bersih ini.

Kegiatan Temu Literasi ini ditutup dengan aksi bersih bersama oleh beberapa elemen pemuda diantara pembicara Accarita Literasi seperti Ikmal Abidin (Ketua Pintu Literasi), Putri Sri Ardianti (Ketua Hipma Gowa Koordinatorat Biringbulu), Nurmi (Pegiat Literasi), Fera (Mahasiswa), Ayu Elfira (Ketua Pintu Literasi 2020) , Ramlah Rara, dan pemuda lainnya yang ikut berkolaborasi membersihkan area panggung utama di hutan pinus dilaksanakan pada Ahad pagi 14 Juli 2024

Tim Editor

Beritabenua
BeritabenuaEditor

Berita Terkait

Cover
Berita Terkini

Satu Tahun Menjabat, Makmur Marbun Berhasil Membawa Perubahan Positif Yang Cukup Signifikan

Rahmat (Tim) sekitar 18 jam lalu

Baca
Cover
Berita Terkini

Dukungan Mengalir, 68 Komunitas Bulatkan Tekad Menangkan BERAKARMI

Arrang Saz sekitar 19 jam lalu

Baca
Cover
Berita Terkini

BERAKARMI Kukuhkan Tim Pemenangan, Siap Menangkan Pilkada

Arrang Saz sekitar 21 jam lalu

Baca
Cover
Berita Terkini

Diskominfo Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Gelar Media Gathering Pisah Kenang Bersama Pj Bupati PPU

Beritabenua 1 hari lalu

Baca
Cover
Berita Terkini

Penjabat Bupati Penajam Paser Utara Sampaikan Sambutan Perpisahan Pada Apel Gabungan Seluruh pegawai

Beritabenua 1 hari lalu

Baca

Baru